Desa Bagolo Sebagai Sumber Penghasil Cengkeh 2009

cengkeh

    ”Tahun 2009 ini musim cengkeh kembali terulang, sudah hampir 3 tahun berturut-turut tanaman cengkeh berbuah, walau di tahun ini produksi cengkeh mengalami penurunan, di mungkinkan akibat seringnya berbuah, itu yang terjadi di Desa Bagolo, sebagai salah satu desa penghasil cengkeh yang dulu boleh di bilang desa penghasil terbesar yang ada di Kec. Kalipucang ini.

”Pada musim cengkeh kali ini, walaupun jumlah produksi cengkeh menurun tetapi petani cengkeh di Desa Bagolo masih bisa panen walaupun sedikit, jadi artinya tanaman cengkeh yang ada masih berbuah tetapi tidak lebat seperti tahun-tahun belakang, namun harga cengkeh yang ada cukup stabil, yaitu sekitar Rp 45000-50000 per kg, dan cukup membuat para petani cengkeh senang.

”Ada pun harga cengkeh yang cenderung naik ini membuat para petani yang memiliki cengkeh cukup banyak akan cenderung untuk menimbunnya, untuk di jual nanti kalau-kalau harga cengkeh kembali melambung seperti pada tahun 1998 lalu, hal ini mungkin di pengaruhi oleh produksi cengkeh tahun ini secara global mengalami penurunan, sehingga harga ada kemungkinan naik lagi.

”Di Desa Bagolo sendiri sebagian besar tanaman cengkeh yang ada tidak berbuah semuanya, hanya sebagian saja, dan hal ini menyerap tenaga kerja buruh yang sedikit, tapi walau pun begitu tanaman cengkeh yang ada di Desa Bagolo masih di bilang bagus bila di bandingkan dengan daerah lain yang ada di Kab. Ciamis. dan untuk tahun 2009 ini tanaman cengkeh boleh di tanaman unggulan dari hasil pertanian, karena nilai jualnya yang ada masih tertinggi di bandingkan tanaman rempah lainnya, dan cukup puas bagi para petani cengkeh yang ada.

    ”Demikianlah sekilas mengenai produksi cengkeh yang ada di Desa Bagolo di tahun 2009 ini, dan saya mohon maaf bila data yang ada kurang lengkap.

Satu Tanggapan

  1. […] FAVORIT BAGI MASARAKAT DESA BAGOLOBAGOLO CHATPara Kader Ibu-ibu PKK Desa Bagolo lagi Latihan Nih….Desa Bagolo Sebagai Sumber Penghasil Cengkeh 2009bagolo […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: